Selasa, 08 Mei 2012

WARREN BUFFETT abaikan PROSTAT

Setelah mengumumkan kanker prostatnya pada 17 April 2012 lalu. Semua pelaku bisnis, terutama pemegang saham perusahaan investasi Buffett - Berkshire Hathaway memprediksi beliau akan mengumumkan suksesi kepemimpinan perusahaan pada saat RUPS - rapat umum pemegang saham tahunan. RUPS yang berlangsung tiga hari di Omaha World Herald, Nebraska - Amerika Serikat  dimulai Sabtu 5/5 layaknya seperti sebuah Festival. Para pemegang saham yang hadir mencapai 40.000 orang disuguhi acara nyanyi, pemutaran film, gerai es krim, acara-acara perlombaan dan pameran di gedung pusat koran Omaha yang baru dibeli Buffett.

Di dalam rapat tersebut Buffett menyampaikan rencana bisnis ke depan yang menjadi perhatian besar para pelaku bisnis. Reputasinya sebagai investor paling fenomenal dan tersukses dengan menduduki ranking ketiga orang terkaya dunia menjadikannya sebagai panutan. Dan Buffett menyampaikan rencana ekspansi bisnis ke depan adalah Asia - China, Korea dan Jepang. Jumlah dana yang disiapkan US$ 22 milyar ( Rp 198 triliun ) dari internal kas Berkshire yang per 31 Maret 2012 mencapai US$ 37,83 milyar. Total pendapatan di triwulan I 2012 ini US$ 3,25 milyar meningkat 115% dibanding 2011 yang US$ 1,51 milyar.

Posisi China bagi Buffett adalah target emas utama, karena pertumbuhan investasi Berkshire di sana yang tercepat dan paling berkilau untuk investasi-investasinya di dunia. Beberapa antaranya BYD Co. kenderaan listrik di Shenzhen, Dairy Queen Inc - perusahaan es krim internasional membuka gerainya ke 500 baru-baru ini, Lubrizol Corp - perusahaan kimia mempersiapkan pabrik baru seluas 40 hektar di Zhuhai Gaolan Port. Dari data tersebut Buffett akan mendirikan NetJets Inc di China. Perusahaan yang berbasis di Ohio itu adalah operator pesawat pribadi khusus untuk orang kaya, sekaligus perusahaan lainnya yang bergerak di bidang simulator pelatihan penerbangan pilot - FlightSafety International Inc. juga akan membangun pabrik di China. Seorang Warren Buffett yang menilai prospek emas di China menunjukkan kiblat ekonomi dunia ke depan adalah di China dan Asia sekitarnya.

Dalam hal suksesi, Buffett tidak menyebut nama seperti yang diharapkan. "Saya memiliki beberapa kandidat, saya tidak berpikir apa yang saya buat bakal bisa dibuat oleh penerus, tetapi mereka akan membawa orang-orang berbakat lain," katanya. Berarti keputusan final investasi selama ini masih di tangannya. Buffett akan memulai pengobatan kankernya pada Juli mendatang, sepertinya dia mengabaikan bahkan meremehkan prostatnya, padahal beliau sudah berumur 81 tahun. Kita lihat bagaimana perkembangan kesehatannya?

SMT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar