Senin, 16 April 2012

OLAHRAGA bermanfaat bagi kesehatan JANTUNG. Asal tidak...

Sabtu 14 April 2012, pertandingan kesebelasan Livorno vs Pescara di Serie B Italia sedang berlangsung. Gelandang Livorno Piermario Morosini tiba-tiba ambruk tidak sadarkan diri di lapangan. Tidak lama kemudian meninggal. Berita resmi yang menyusul kemudian menyatakan akibat serangan jantung. Morosini tutup usia di umur 25 tahun. Ironis. Bagaimana seorang olahragawan aktif bisa meninggal karena faktor jantung?
Kejadian sabtu itu tidak ada tayangan videonya, mungkin karena bukan di liga utama serie A. Kejadian yang terekam video adalah pada 28 Agustus 2007 ketika kesebelasan Sevilla vs Getafe di La Liga Spanyol. Saat itu pemain Sevilla Antonio Puerta juga mendadak ambruk di lapangan. Para pemain berusaha menolong Antonio sebelum dokter memasuki lapangan. Seorang pemain terlihat memasukkan jari ke mulut Antonio seperti ingin mengeluarkan sesuatu. Penjelasan yang diberikan kemudian, pemain yang menolong tersebut berusaha mengembalikan posisi lidah Antonio yang terlipat ke belakang menutupi tenggorokan. Laporan resmi medis menyatakan meninggal karena serangan jantung.
18 Maret 2012 yang baru lalu. Fabrice Muamba kesebelasan Bolton Wanderes yang sedang bertanding dalam perempatfinal FA Cup dengan Tottenham Hotspur. Juga tiba-tiba tersungkur di lapangan. Nasib baiknya Fabrice tertolong, tapi penyebabnya sama... serangan jantung.

Olahraga akan menyehatkan jantung, tapi jangan berlebihan. Kelebihan akan menyebabkan jantung bekerja melebihi kapasitasnya. Mesinpun bisa jebol, apalagi organ tubuh. Adjie Massaid suaminya Angelina Sondakh. Tentunya lebih banyak yang kenal dari pada pemain sepakbola di atas. 2 Mei 2011 yang lalu Adjie Massaid meninggal juga disebabkan serangan jantung. Adjie dikabarkan sedang bermain futsal. Beliau meninggal pada umur 43 tahun. Kalau melihat kondisi tubuh Adjie yang atletis, tentu banyak yang tidak percaya.
Beberapa pemain sepakbola lainnya yang meninggal karena serangan jantung pada saat pertandingan :
- Eri Irianto ( Persebaya ) 26 tahun, 3 April 2000.
- Marcio Dos Santos ( Deportivo Wanka - Peru ) 28 tahun, Oktober 2002.
- Marc Vivien Foe ( Kesebelasan Nasional Kamerun ) 26 Juni 2003.
- Serginho ( Sao Caetano - Brazil ) Oktober 2004.
- Hugo Cunha ( Uniao Leira - Portugal ) 28 tahun, Agustus 2006.
- Miklos Feher ( Benfica - Portugal )
- Dave Longhurst ( York City - Inggris ) 25 tahun, 1990.


SMT.

1 komentar:

  1. Dua jempol, emang semuanya jgn berlebihan, makanya kita ada ungkapan over, misalnya over dosis, over work, over..... Bahkan over vitamin aja bisa meracunin badan. siip

    BalasHapus